Telepon Desa Online

0812 - 1212 - 6969

Telepon Desa Online

0813 - 8482 - 5879

Gelar Teknologi Tepat Guna XXIV Jadi Ajang Inovator Desa Unjuk Gigi

Menteri Desa PDT dan Transmigrasi (Mendes PDTT) A Halim Iskandar mengatakan beragam teknologi tepat guna (TTG) hasil inovator desa dan kelurahan akhirnya dipamerkan di Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara XXIV di PKOR Way Halim, Lampung. Hasil TTG ini sebelumnya sudah diseleksi lewat rangkaian panjang dari tingkat kabupaten dan kemudian tingkat provinsi.
“Ini ajang tahunan para inovator desa untuk unjuk gigi, berpameran, hingga memasarkan teknologi tepat guna buatannya. Saya alami sendiri, selalu ada yang baru, yang greget, membuka pintu kemajuan lebih cepat bagi desa-desa se-Nusantara,” kata Halim dalam keterangan tertulis, Senin (5/6/2023)

Sementara itu, Kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Transmigrasi Provinsi Lampung Zaidirina mengatakan bahagia atas terpilihnya Lampung sebagai tuan rumah. Menurutnya ini adalah suatu kehormatan dan bentuk kesuksesan Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung.
Dia melanjutkan kegiatan ini dimulai dengan digelarnya pasar rakyat dan panggung hiburang sejak 1 Juni 2023 di PKOR Way Halim. Nantinya, rangkaian acara Gelar TTG Nusantara XXIV akan berakhir pada 11 Juni 2023.

Zaidirina menambahkan pada 6 Juni 2023 bakal digelar Gala Dinner untuk menjamu para tamu yang hadir dari 37 provinsi. Dalam kesempatan itu,para pemenang lomba tingkat Provinsi Lampung juga akan mendapatkan hadiah.

Acara pembukaan akan dilaksanakan pada 7 Juni 2023. Pada kesempatan itu, nantinya para pimpinan lembaga tinggi negara akan diajak untuk mengunjungi stand pameran satu per satu. Lebih dari 150 stan teknologi tepat guna didirikan berbagai provinsi, swasta, SMK, dan kementerian,” sambung Zaidirina.

Di sisi lain, Kepala Pusat Daya Saing Kemendes PDTT Helmiati Nuhung mengatakan pada pembukaan nanti renacanya akan dibuka langsung pimpinan lembaga tinggi negara. “Diikuti pengumuman pemenang sekaligus pemberian hadiah lomba TTG tingkat nasional,” terangnya.
Diketahui, dalam gelaran ini akan disediakan ruangan temu bisnis antara para inovator dari desa dengan swasta yang memiliki minat luas pada teknologi tepat guna. Pada ruangan yang sama juga disiapkan konsultasi dengan Bengkel HAKI dari Kemendesa PDTT.

Kemdesa PDTT akan memberikan dukungan penuh dan gratis bagi inovator desa untuk mendaftarkan hak atas kekayaan intelektual (HAKI) atas karyanya. Tak hanya itu, Kemendesa PDTT juga mendampingi proses untuk kebutuhan sertifikasi alat, paten teknologi, paten merk, indikator geografis, juga sertifikat benih varietas baru dari desa.

Nantinya dalam panggung Gelar Teknologi Tepat Guna XXIV tidak akan menjadi wahana presentasi para inovator, swasta dan pemda yang teruji mendukungnya. Tidak lupa ada Andika Babang Tamvan, Ningrat Band, dan Tarian Kreasi Cak Culay yang bakal meramaikan panggung.

Para peserta dari berbagai provinsi juga akan diajak berwisata ke Pantai Sari Ringgung, Kabupaten Pesawaran, Nantinya acara dilanjutkan mengunjungi Desa Cerdas di Desa Hanura.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keranjang Belanja
Open chat
1
Scan the code
Hello 👋
Can we help you?